Rekomendasi : 23 anime tersedih (anti mainstream)

Setelah bolak-balik berkunjung keberbagai forum anime, gue sedikit terinspirasi untuk membuat rekomendasi anime yang jalan ceritanya mampu menguras air mata. tentu jajaran anime tersedih pasti akan di duduki oleh anime mainstream seperti clannad,anohana,shigatsu,angel beat dll. namun bagi sebagian besar penggemar anime di luar sana  pasti sudah mengenal bahkan menonton berulang kali beberapa anime yang gue sebutkan di atas.

Maka dari itu gue mencoba membuat list dimana kemungkinan penggemar anime pemula belum pernah menontonnya atau bahkan mendengar judul dari anime-anime itu sendiri. beberapa anime yang gue rekomendasikan dibawah tidaklah sepenuhnya dapat membawa kamu ke suasana sedih atau kehilangan namun setidaknya dapat menjadi referensi.

Sebagai pembuka, ada baiknya kamu tidak menonton anime di bawah dengan harapan akan tersentuh oleh ceritanya. otak manusia akan mulai menginterprestasi sesuatu yang sedih jika hal yang tak terduga terjadi. jadi saran gue ya kamu harus bersabar menikmatinya, jangan pernah menebak alur cerita yang akan terjadi.

Nikmatilah alur sebuah anime tanpa terburu-buru, maksudnya jangan paksakan menonton anime yang berepisode lebih dari 12 episode dalam sehari . pikiran yang jernih dan kondisi relaks merupakan saat terbaik mencerna cerita dan tentu dapat membuat kesan yang di hasilkan akan lebih terasa.

baik tanpa basa-basi lagi, berikut kami hadirkan 23 rekomendasi anime tersedih versi teknonimee


Yosuga no sora                                                                                                                                  
 

Yosuga no sora

Setelah kematian mendadak orang tua mereka, Haruka dan adik kembarnya, Sora, pindah ke rumah yang sebelumnya dihuni oleh kakeknya, di sebuah desa kecil yang sering mereka kunjungi sewaktu kanak-kanak.

Disana, Haruka bertemu dengan beberapa orang, beberapa di antaranya adalah teman-teman lama, tapi Sora bersikukuh untuk tetap di rumah, tak mau ke sekolah. Menyadari bahwa Haruka tumbuh dan jauh dari genggamannya, Sora pergi ke kamar Haruka di malam hari dan melepaskan pakaiannya di depan Haruka...                                       
Canvas 2
Canvas 2

Cerita ini berfokus kepada sebuah akademi yang hanya menerima murid-murid berprestasi dan kaya bernama Akademi Nadeshiko. Tokoh utama disini adalah Hiroki Kamikura, seorang guru seni rupa yang tinggal bersama dengan adik sepupunya, Elis Housen. Disana ia harus menjaganya selaku wali yang menjaga gadis penerima beasiswa ini. Kisah ini penuh dengan kisah romantis antara seorang lelaki dan dua orang gadis yang penting dalam hidupnya.

Kimi no iru machi
Kimi no iru machi
Eba Yuzuki adalah seorang gadis asal Tokyo yang pindah ke desa untuk melanjutkan studinya di SMA. Dia tinggal bersama Kirishima Haruto, yang mana ayahnya adalah murid dari ayah Yuzuki. Sebenarnya Haruto tidak setuju kalau Yuzuki tinggal di rumahnya. Disaat yang sama, gadis lain pun datang di kehidupannya. Mungkinkah gadis itu akan membuatnya jatuh cinta?
H2O:Footprints in the sand
H2O:Footprints in the sand
meskipun penyebab kebutaan hirose takuma seorang  murid SMA belum diketahui dan untuk
menyembuhkan kondisi medisnya, ia dikirim untuk tinggal di sebuah desa dengan pamanyan.di sana, ia bertemu beberapa gadis, yang tiga diantara para gadis tersebut lebih menonjol dari yang lain. ketiga gadis itu adalah kohinata hayami, kangura hinata, dan otaha

Mashiroiro Symphony
H2O:Footprints in the sand
suatu hari, sekolah shingo melakukan pertukaran pelajar dengan sekolah anak perempuan. sebagai mahasiswa khusus yang dipilih shingo bergabung masuk sekolah putri sampai sekolah mereka selasai mengkonsolidasikan. ia bertemu seorang gadis dan terjadi beberapa keunikan di sna, tapi mereka semua yang ada disana tidak menyukai murid laki-laki(wong sekolah putri)

baca juga
Sola
Sola
Morimiya Yorito adalah siswa SMA biasa, terkecuali hobinya yang berlebihan dengan ‘langit’. Tiada hari ia lewatkan tanpa mengabadikan pemandangan langit ke dalam kameranya yang tak pelak membuat Ishizuki Mana, sahabat wanitanya yang terdekat, sebal. Yorito memiliki seorang kakak perempuan bernama Morimiya Aono yang sudah sejak lama berada di rumah sakit. Suatu ketika Yorito berteu dengan seorang gadis aneh (dan imut >.<) bernama Shihou Matsuri, yang ternyata merupakan seorang Yaka, makhluk abadi yang memiliki kekuatan melebihi manusia namun tak mampu terkena sinar matahari.

Kimi ga nozomu eien
Kimi ga nozomu eien
Tentang seorang gadis bernama Haruka Suzumiya yang naksir dan diam-diam jatuh hati pada Takayuki Narumi dan karena temannya Haruka, Mitsuki Hayase, mengetahui rasa suka Haruka pada Takayuki, kemudian mencoba membantu Haruka mendekati Takayuki.
Mitsuki Hayase kemudian berkenalan dengan Takayuki dan menjadi teman baik dari Takayuki.
Takayuki lalu ada gelagat suka dengan Mitsuki tapi karena Mitsuki lebih memilih menjaga hubungan pertemanannya dengan Haruka, membiarkan perasaannya yang juga menyukai Takayuki pupus begitu saja.

Myself;Yourself
Myself;Yourself
Anime ini menceritakan tentang kisah persahabatan yang begitu akrab dan erat antar 5 orang mereka adalah   Hidaka Sana (tokoh utama), Yatshusiro Nana(heroins),Wakatsuki Shusuke,Wakatsuki Shuri,Oribe Aoi.tetapi Hidaka Sana harus berpisah dengan teman-temannya karena mengikuti orang tuanya yang keluar dari kota yang di sebut Sakuranomori karena urusan bisnis.

kimikiss pure orange
kimikiss pure orange
Mizusawa Mao kembali ke Jepang setelah beberapa tahun tinggal di Perancis. Mao adalah teman masa kecil Sanada Kouichi dan Aihara Kazuki. Kouichi terkejut ketika Mao tiba-tiba datang kerumahnya dan mengatakan akan tinggal bersamanya. Dimulailah kisah tiga remaja yang saling membantu dalam menggapai cinta masing-masing.

Air
Air
yukito kunisaki berada dalam perjalanan untuk mencari maiden bersayap yang terikat ke langit berabad-abad yang lalu setelah mendengar sebuah kisah masa kecilnya. ia akhirnya berada di sebuah kota kecil dimana dia tidak berharap untuk menetap di tempat itu. namun, ketikan ia bertemu seorang gadis biasa bernama misuzu, benang takdirpun mengikat kuat antar keduanya.


True tears
True tears
Shinichiro adalah anak yang hidup dengan mimpi yang selalu diinginkan bagi sebagian besar anak-anak SMA, tapi dia malah merasa frustasi. Seorang gadis yang sangat disukai di sekolahnya bernama Hiromi telah tinggal di rumahnya selama satu tahun bersama dengan keluarganya. Ayahnya adalah seorang teman dekat keluarganya, dan ketika orang tuanya meninggal, mereka segera membawanya. Dia populer, selalu tersenyum, berbakat dalam olahraga, tapi Shinichiro tahu masih ada ada air mata dalam dirinya. Memiliki kecenderungan artistik, ia membuat cat air dan berpikir untuk menyeka air matanya. 

Namun, dia tidak memiliki keberanian untuk berbicara dengannya bahkan ketika di rumahnya sendiri. Dia juga pendiam di rumah mereka, tidak seperti di sekolah. Shinichiro juga terganggu dengan godaan dari temannya Nobuse yang melihat Hiromi dari kejauhan, kutukan nasib buruk dari seorang gadis aneh bernama Noe, dan dipaksa untuk melakukan tarian Mugiha. Dengan membantu Noe, ia berharap dapat meringankan masalahnya sendiri, namun ia tampaknya memiliki kesulitan dalam melakukannya.


Hanbun no tsuki ga noboru sora
Hanbun no tsuki ga noboru sora
anime yang mengisahkan tentang dua orang remaja yang tidak sengaj bertemu di rumah sakit. Keduanya bukan mengalami kecelakaan ataupun tak sengaja berkunjung ke rumah sakit namun keduanya berada di sana di karenakan penyakit yang mereka derita Yuichi yang berumur 17 tahun ini adalah pemuda yang mengidap penyakit "Hepatits". Sejak kecil dia sudah mengidap penyakit itu, di karenakan tubuhnya yang sering terkena penyakit dia pun terpaksa di pindahkan ke rumah sakit dan tinggal disana.

 Namun suatu ketika di waktu musim panas Yuichi melihat dari jendela rumah sakit seorang perempuan yakni Rika. Rika bukanlah orang dari kota dimana Yuichi tinggal. Rika adalah perempuan dari kota lain yang sengaja di rawat di rumah sakit yang sama dengan Yuichi di karenakan ada seorang dokter yang selalu merawatnya dari kecil berada alias bekerja di rumah sakit tersebut. Rika adalah seorang gadis berumur 16 tahun yang memiliki tubuh lemah dan mengidap penyakit gagal jantung. 

Ano natsu de matteru
ano natsu de matteru
1.    Selama liburan musim panas, Kirishima Kaito bersama teman-temannya memutuskan untuk membuat film. Dalam pembuatan film, mereka mulai saling menjalin hubungan yang lebih dekat satu sama lain. Namun, libur musim panas yg seharusnya dapat dilalui dengan mudah, ternyata tak sederhana yang mereka pikirkan.

Romeo x juliet
romeo x juliet
di dunia yang mengambang neo verana, keluarga motague menguasai dan membunuh setiap anggota keluarga captulet dengan pengecualian putri capulet, juliet capulet fiammata asto. 14 tahun kemudian, juliet dan sisa-sisa pengikut capulet bersembunyi dari keluarga montague. juliet telah lama melupakan pembunuhan kelurganya dan bahkan indentitasnya. pelariannya menjadi sebuah pertualangan yang membawa dia bertemu dengan romeo candorebanto montague, anak dari tirani motague. takdir telah ditetapkan kepada ke dua individu untuk menjadi sepasang kekasih yang bernasib sial


Plastic memories
Plastic memories
sebuah kisah yang berlatar waktu masa depan, ketika android yang terlihat mirip dengan manusia mulai menyebar ke seluruh dunia. perusahaan produksi android SA corp memproduksi GIFTIA, android jenis baru yang memiliki banyak emosi dan kualitas manusia biasa di atas android lainya. tetapi karena itu pula, android seri giftia memiliki umur, dimana para giftia yang melewati umur tersebut akan bertingkah coeg.

white album 2
white album 2
kitahara haruki yang sedang mencari anggota untuk klub musik yang anggotanya banyak menghilang(keluar). sedangkah mereka dijadwalkan tampil di festival budaya yang semakin hari semakin dekat. haruki berhasil merekrut wanita yang paling populer di sekolah, ogiso setsuna, dan teman satu kelas-nya yang antisosial, touma kazusa kedalam klub.pertemanan mereka di dalam klub menjadi cinta seiring berjalannya waktu.

kuzu no honkai
kuzu no honkai
Awaya Mugi dan Yasuraoka Hanabi terlihat seperti pasangan ideal. Keduanya cukup populer dan tampak cocok satu sama lain. Namun, sebenarnya mereka jadian karena hanya ingin mengurangi rasa kesepian keduanya. Mugi jatuh cinta pada Minagawa Akane, guru privatnya. Begitu pula dengan Hanabi, ia mencintai seorang guru muda yang sejak lama dekat dengan keluarganya. Keduanya saling berbagi tempat untuk meluapkan kesedihan satu sama lain karena tidak dapat memiliki orang yang mereka cintai.

5 centimenter per seccond
5 centimenter per seccond
tono takaki dan akari shinohara, yang merupakan teman dekat tetapi secara bertahap tumbuh lebih jauh han jauh terpisah sebagaimana waktu bergerak. mereka menjadi terpisah karena keluarga mereka namun tetap berhubungan melalui telpon. namun waktu terus berjalan, komunikasi antara mereka semakin jaran hingga mereka tumbuh besar.

school days
school days
untuk yang ini sepertinya tidak perlu gue jelalskan kali ya sinopisnya?nonton aja deh 

EF: a tale of memories
EF: a tale of memories
pada malam natal, sepeda hiro hirana dicuri oleh seorang gadis yang mengejar seorang pencuri yang mencuri yang mencuri tasnya(yo dawg kali ya?).dia menemukan sepedanya hancur. gadis yang bernama miyako miyamura, segara tebangun dan mulai berbicara setelah memastikan di baik-baik saja, mereka akhirnya menghabiskan malam natal bersama
sori jika sinopsis  yang ini agak membingungkan, gue juga belum menonton nih anime namun banyak yang bilang nih anime menyenuh bro.


Honey and clover
honey and clover
takemoto yuuta, mayama takumi, dan morita shinobu adalah mahasiswa yang berbagi apartemen kecil. meskipun mereka hidup dalam kemiskinan, mereka dapat memproleh kesenangan melalui hal-hal sepele.cerita berikut berkisah tentang karakter ini sebagai mahasiswa miskin, serta kehidupan cinta mereka ketika seorang gadis berusia 18 tahun yang pendek tapi berbakat bernama hanamoto hagumi muncul.


kanon
kanon
yuichi aizawa kembali ke kotanya setelah tujuh tahun. di masa kecilnya, ia sering mengunjunginya, tetapi sesuatu terjadi dalam masa lalunya yang menyebabkan dia memblokir kenangan tentang peristiwa tujuh tahun lalu. pada hari setelah menetap kembali, ia bertemu dengan seorang gadis yang membawa ransel dengan sayap diatasnya.

Nana
nana
nana komatsu ingin bertemu kekasihnya di tokyo yang bernama shouji. saat menaiki kereta dalam perjalanan menuju tokyo dia bertemu nana osaki yang merupakan vokalis dari bank punk rock yang bernama "blast". mereka berdua mempunyai nama depan yang sama, tujuan yang sama yatiu pergi ke tokyo dan mereka juga saling mendukung baik dalam karir dan cinta.

Bagikan yuk!!

lainnya

Sebelumnya
Selanjutnya »

4 komentar

komentar
June 24, 2017 at 1:15 PM delete

Request yg tokoh protagonis utamanya overpower dong bro, kaya mondaiji,code geass,mahouka

Reply
avatar
June 24, 2017 at 1:22 PM delete

ntar gue masukikin ke list, yang overpower kalau gak salah gakusen toshi asteriks sangat rekomend bro tapi kalau udah nonton masih ada accelerator dari to aruu. ya walaupun dia bukan protagonist sih

Reply
avatar
June 24, 2017 at 7:12 PM delete

Gakusen udah, tapi bagus rakudainya hehe, accelarator belum nyoba

Reply
avatar
June 25, 2017 at 10:58 AM delete

kunjungi juga semaunya-aja.blogspot.com

Reply
avatar