USB tidak berfungsi? 5 faktor ini mungkin penyebabnya

       
  Saat ingin mentransfer file atau sekedar melihat file  dari flasdisk tetapi tidak terbaca di usb merupakan hal yang menjengkelkan bukan?. Umumnya laptop standar hanya tersedia dua atau lebih colokan usb namun apa jadinya jika yang berfungsi hanya satu atau dua buah colokan. Tentu hal ini dapat menjadi masalah tersendiri jika kamu membutuhkan lebih dari dua colokan usb.
5 faktor usb bisa tidak berfungsi

     Masalah diatas mungkin terjadi karena 5 faktor ini, berikut hal-hal yang dapatmembuat usb tak berfungsi
     

      Usb kotor
port usb yang kotor biasanya terjadi karena lingkungan kerja yang kotor atau kurangnya perawata(mungkin gak pernah dibersihin). Bisa jadi kegagalan kerja pert usb lebih karena alasan ini. Untuk itu, sebelum menganalis kerusakan usb terlalu jauh, pastikan port usb yangakan dipakai bebas dari kotoran atau debu.

2.     Belum diaktifkan pada BIOS
Dugaan kedua yang bisa jadi penyebab tidak bekerjanya port usb adalah karena fitur ini belum diaktifkan pada BIOS. Untuk,itu, masuklah ke BIOS dan aktifkan fitur usb.Pengaktifan fitur ini dapat dilakukan cukup dengan mengaturnya ke posisi enable.bila menggunakkan system operasi windows xp atau vista, system secara otomatis mengaktifkan fitur ini tanpa perlu memasang driver khusus

Konektor salah konfigurasi
Bila konektor usb di bagian depan(front usb)tidak dapat berfungsi, kamu harus curiga terhadap konfigurasi pemasangan kebel konektor pada port konektor usbpada motherboard.gunakan buku manual untuk memastikan pemasangan kabel konektor usb yang benar.bila ternyata sudah benar, kecurigaan harus ditujukan pada kabel ekstensinya.pastikan semua kabelnya berfungsi dengan benar.

4.     Driver belum terinstalasi
Bagi penikmat windows 98,port usb yang tidak bekerja kemungkinan besar dikarenakan driver usb yang belum terinstal.untuk itu, install driver usb yang sesuai menggunakkan cd driver atau download dari situs resmi pembuat motherboard.
     
Sengaja dinokaktifkan
Tidak berfungsinya port usb di beberapa tempat seperti kantor atau tempat lain terkadang memang disengaja untuk mencegah pencurian data atau kejahatan lainya. Kondisi ini biasanya terjadi pada kantor-kantor yang sudah menerapkan system keamanan computer,data,dan jaringan yang baik

Bagikan yuk!!

lainnya

Sebelumnya
Selanjutnya »