Cara mengatasi komputer tidak hidup ketika menekan tombol power

Pernahkah kalian mengalami kondisi dimana komputer tidak hidup walau sudah ditekan tombol power?.Tentu amat menjengkelkan ketika kita ingin menggunakan komputer,ternyata komputer tidak mau hidup.Padahal,banyak masalah seperti ini yang diakibatkan dari masalah yang sederhana.Di luar masalah pada komponen hardware itu sendiri ada beberapa langkah yang setidaknya patut kita coba.

Berikut langkah-langkah awal yang patut kamu coba



Memeriksa koneksi power supply ke motherboard


power suply

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah kabel power ATX dan kabel power 12v dari powei supply sudah dikoneksikan ke port power pada motherboard.pastikan kedua kabel ini sudah berada pada posisi yang sesuai.bila belum,atur kembali sehingga posisinya sudah benar.jangan lupa memastikan kabel ini sudah terkunci pada port power di motherboard.penguncian ini ditandai dengan terhubungnya pengait pada kabel konektor dengan pengait pada port power di motherboard.
     


Memeriksa kabel konektor ke front panel

Langkah kedua adalah memastikan kabel konektor dari tombol power front panel dalam kondisi bagus.pada beberapa kasus, kabel konektor ini tidak tergubung dengan baik sehingga saat tombol power di bagian frot panel ditekan, komputer tidak bereaksi apa-apa.bila ternyata rusak, tak ada cara lain kecuali menyambungnya atau mengganti dengan yang baru.



Memeriksa letak pin power pada port front panel jumper


pin power

Langkah terakhir adalah memeriksa apakah kabel power tersebut telah terhubung secara benar dengan pin yang terdapat pada motherboard.kesalahan umum perakit pemula ada pada bagian ini. agar lebih pasti, pastikan anda membaca buku manual untuk bagian ini supaya kabel ini terkoneksi pada pin yang benar.khusua untuk koneksi tombol power maupun tombol reset ke front panel, tak perlu memperhatikan kutub plus (+) dan minus (-) pada pin karena bila tertukar sekalipun,tombol akan dapat tetap beroperasi.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan jika menemui komputermu mati walau udah menekan tombol power.semoga artikel ini sekiranya dapat membantu kamu mengatasi masalah diatas.


Jika menemui masalah dengan tips diatas, silahkan berkomentar atau hubungi kami langsung di menu kontak.

Bagikan yuk!!

lainnya

Sebelumnya
Selanjutnya »

4 komentar

komentar
June 20, 2017 at 2:08 PM delete

Nice info gan, kalo laptop yang harus dicek apanya ya semisal problemanya sama

Reply
avatar
June 20, 2017 at 2:15 PM delete

Mantap nih tipsnya, nanti jika ada masalah bisa segera diatasi. Thanks gan infonya

Reply
avatar